Program Majeedr

PROGRAM-PROGRAM MAJEEDR

A. Ma’had Al Fata

1. Bahasa Arab Majeedr/Tahsin Majeedr

Program ini merupakan program tiap semester dari Ma’had Al Fata, Majelis Dakwah Remaja. Pada semester ganjil, ma’had akan membuka program kelas tahsin dasar, sedangkan pada semester genap, ma’had akan membuka program kelas bahasa arab dasar. Materi tahsin dasar berkisar makhorijul hurf (tempat keluarnya huruf), hukum bacaan Al Qur’an, dan semisalnya. Adapun materi bahasa arab dasar yakni ilmu nahwu, sehingga untuk bahasa arab lebih difokuskan dalam membaca kitab-kitab tanpa harokat dari para ulama. Program ini dilaksanakan sebanyak 20 pertemuan dan akan diberikan sertifikat bagi teman-teman yang mengikuti kegiatan tersebut hingga selesai.

Program ini juga tidak terikat pada semester ganjil maupun genap. Apabila teman-teman menginginkan program tersebut di masjid kampung atau di sekolah, dapat menghubungi mudir Ma’had Al Fata (Ahsan : 0857-0616-6645).

2. Pelatihan Leadership

Pelatihan leadership dapat meningkatkan kualitas kepemimpinan pada pelajar atau remaja sesuai dengan kepemimpinan Rasulullah sehingga semangat pelajar dalam hal kepemimpinan dapat terarah sesuai sunnah-sunnah Rasulullah.

3. Pelatihan Desain

Media merupakan salah satu upaya dalam menyebar luaskan dakwah sunnah dikalangan pelajar. Upaya untuk menarik perhatian dikalangan pelajar melalui media adalah dengan memperbaiki dan mempercantik desain. Selain itu permasalahan desain juga perlu diperhatikan sehingga tidak melewati batas aturan-aturan dalam hal agama. Oleh karena itu, pelatihan desain atau media sangat diperlukan bagi kalangan pelajar.

4. TalkShow Pelajar
Talkshow pelajar dikemas dengan tema yang menarik seperti manfaat belajar dunia, menyeimbangkan dunia dengan akhirat, menjadi muslim profesional dan sebagainya. Kegiatan ini bekerjasama dengan MuslimPlus dan Komunitas Ilmuwan Profesional Muslim Indonesia (KIPMI).

B. Kajian Rutin Majeedr

1. Kajian Rutin Al Mukaromah (KRM)

Pembahasan : Kitab Firqotun Najiyah karya Syeikh Muhammad bin Jamil Zainu
Pengisi : Ustadz Afifi Abdul Wadud, BA
Waktu : Setiap Hari Kamis, pukul 15.30-17.00
Tempat : Masjid Al Mukaromah, Jl. Hos Cokroaminoto, Wirobrajan

2. Kajian Rutin Nur Hasani

Pembahasan : Kitab Sifat Shalat Nabi karya Syeikh Al Albani
Pengisi : Ustadz Amir As Soronji
Waktu : Setiap Hari Jum’at, pukul 16.00-17.00
Tempat : Masjid Nur Hasani, Kotagede

3. Kajian Rutin An Nur

Pembahasan : Kitab At Ta’liqot ‘ala Al Arba’in karya Syaikh Shalih Al Utsaimin
Pengisi : Ustadz Setiawan Tugiyono, BA
Waktu : Setiap Hari Sabtu, pukul 19.00-20.30
Tempat : Masjid Nur Hasani, Kotagede

C. Kajian Akbar Majeedr (KAM)

Diadakan tiap 2 bulan sekali, dimana kajian tersebut merupakan kajian ilmiah spesial untuk pelajar baik muslim maupun muslimah.

D. Daurah Pelajar

Kegiatan ini diharapkan dapat diagendakan rutin setiap tahun pada liburan semester genap. Daurah diadakan dengan mengundang 3 ustadz sebagai pemberi materi yang diadakan dari pagi hingga menjelang sore. Kami berharap dengan adanya Daurah Pelajar, pelajar ataupun remaja saat ini senantiasa tegar dan tetap teguh untuk menjalankan ajaran-ajaran Islam sesuai dengan syari’at Rasulullah sekalipun mereka sehari-harinya lebih banyak disibukkan dengan urusan dunia.

E. Bashira

Bashira merupakan salah satu program majeedr yang dikhususkan untuk muslimah baik pelajar maupun mahasiswa. Salah satu kegiatan rutin bashira adalah mengadakan Kajian Muslimah Pelajar (KMP) tiap 2 bulan sekali, dimana kajian tersebut merupakan kajian ilmiah spesial yang dikhususkan untuk pelajar muslimah. Selain itu juga mengadakan kelas muslimah khusus Sahabat Bashira dan Daurah Muslimah.

F. Sahabat Majeedr/Bashira

Sahabat majeedr merupakan grup line yang bertujuan untuk memberikan informasi terkait program-program majeedr serta sharing berbagai faedah ilmu atau informasi lainnya seputar agama. Grup ini terbuka untuk pelajar muslim di Yogyakarta dan sekitarnya.

Apabila teman-teman ingin masuk dalam grup tersebut, dapat menghubungi oa line majeedr atau salah satu pengurus majeedr (id line : muh.ismail.hamidiy) dengan format :
SM_Nama_Angkatan_Sekolah/Universitas
Contoh : SM_Abdullah_2019_SMA N 6 Yogyakarta

G. Pelajar Menulis

Salah satu program dakwah Majelis Dakwah Remaja adalah melalui web resmi majeedr.com dan buletin Al Fata. Majeedr membuka kesempatan bagi teman-teman khususnya pelajar yang hobi dalam bidang tulis-menulis, untuk dapat ikut berpartisipasi dalam penulisan artikel tersebut. Insyaa Allah, artikel tersebut akan di muraja’ah kembali kemudian akan di publish baik melalui web maupun buletin. Bagi penulis yang telah di publish, akan diberikan merchandise menarik dari majeedr. Tata cara penulisan artikel dapat didownload pada link berikut:

Buletin Al-Fata

H. Media Sosial

Program ini merupakan sarana dalam dakwah melalui media sosial. Berikut beberapa official account resmi milik majeedr :
a. Facebook : majelisdakwahremaja
b. Twitter : @majeedrofficial
c. Telegram : @majeedrofficial
d. Line : @majeedr
e. Youtube : Majeedr TV
f. Instagram : @majeedr1
Serta beberapa official account resmi milik bashira :
a. Facebook : Bashira
b. Line : @bashira
c. Instagram : @bashiraofficial
d. Telegram : @bashiraofficial

I. Donasi Majeedr

Berlangsungnya kegiatan majeedr tidak terlepas dari pendapatan dan pengeluaran kas majeedr. Majeedr merupakan organisasi mandiri yang terlepas dari segala bentuk organisasi islam lainnya, sehingga pendapatan majeedr diperoleh dari donaturial maupun infaq para jama’ah. Maka dari itu kami membuka donasi seluas-luasnya bagi yang mau berpartisipasi dalam ladang amal jariyah ini. Donasi dapat disalurkan melalui:

Bank BNI Syariah : 396 111 618 (a.n. Hernawan Fa’iz Abdillah)
Konfirmasi donasi lewat SMS/WA/LINE : 082136002196 atau 087734588960
Kirim pesan dengan format mudah : Nama # Asal # Nominal # Bank
Contoh : Abdurrahman # Jakarta # 1juta # BNI Syariah

J. Majeedr Store

Majeedr Store merupakan salah satu program kewirausahaan dimana 90% keuntungan digunakan untuk keperluan operasional majeedr sedangkan 10% digunakan untuk program sosial. Program ini bekerjasama dengan salah satu brand clothing, “Muhajirin”. Produk-produk yang dihasilkan merupakan produk yang disesuaikan dengan pasar dikalangan remaja dan pelajar.

K. Wisma Majeedr

Wisma sangat diperlukan dalam kepengurusan suatu organisasi. Segala bentuk perlengkapan yang dibutuhkan dalam kelancaran kegiatan majeedr dapat diletakkan didalam wisma tersebut. Selain itu wisma dapat digunakan sebagai tempat pembelajaran Ma’had Al Fata. Wisma juga dapat digunakan sebagai tempat berkumpulnya pengurus majeedr maupun sahabat majeedr.

L. Majeedr TV

Majeedr TV merupakan sarana dakwah yang memanfaatkan media sosial seperti YouTube. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin berkembang. Beberapa playlist yang akan dibuat antara lain : Itu Sunnah! , Nasehat Pelajar, Kajian Akbar Majeedr, Kajian Singkat dan lain-lain.

M. Buku untuk Pelajar

Buku untuk pelajar berisi buku saku dan do’a-do’a dzikir pagi-petang yang diberikan kepada pelajar khususnya di Yogyakarta. Jumlah buku yang disebar berkisar 1000 buku tiap tahunnya tergantung jumlah yang diinginkan.

N. Dolan bareng Majeedr

Program ini merupakan program yang ditujukan untuk pelajar selama liburan semester. Program ini dilaksanakan setahun sekali baik disemester genap atau ganjil. Tujuan diadakan program ini yaitu untuk merekatkan ukhuwah diantara pelajar khususnya Kota Yogyakarta dan untuk mengenalkan program-program Majeedr.