Saudaraku, masih ada sebagian dari kaum muslimin yang menganggap remeh perkara minum. Padahal Islam mengatur segala tindak tanduk kita termasuk adab kita untuk minum. Berikut ini kami paparkan sebagian dari adab-adab yang diajarkan Rasulullah shallallahu a’alaihi wa sallam dalam perkara minum.

Membaca Tasmiyah

Membaca tasmiyah (bismillah) sebelum minum juga disunnahkan sebagaimana disunnah membaca tasmiyah sebelum makan.

Minum Menggunakan Tangan Kanan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila salah seorang diantara kalian makan, maka hendaklah dia makan dengan tangan kanannya dan apabila salah seorang diantara kalian minum maka hendaklah dia minum dengan tangan kanannya, karena syaitan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim no. 5233)

Minum Sambil Duduk

“Janganlah sekali-kali salah seorang dari kalian minum dengan berdiri, jika lupa hendaklah ia memuntahkannya.” (HR. Muslim)

Gambar di bawah ini merupakan contoh yang salah, yakni minum dengan tangan kiri dan meniupnya

perhatikan caramu minum

Tidak Bernafas di dalam Bejana

Dari Abu Said al-Khudri r.a. bahwasanya Nabi s.a.w. melarang meniup dalam minuman. Ada seorang lelaki berkata: “Ada kotoran mata yang saya lihat di dalam wadah itu.” Beliau s.a.w. bersabda: “Alirkanlah – sehingga kotoran itu hilang.” Orang itu berkata lagi: “Sesungguhnya saya ini belum merasa puas minum dari sekali nafas.” Beliau s.a.w. lalu bersabda: “Kalau begitu singkirkanlah dulu wadahnya itu dari mulutmu – dan bernafaslah di luar wadah.” (HR. Tirmidzi, hadist ini hasan shahih)

Tidak Minum Langsung dari Tekonya

Dari Abu Hurairah ia berkata,”Rasulullah melarang minum lansung dari mulut teko ataupun qirbah (wadah minum dari kulit).” (Muttafaqqun ‘alaih)

Tidak Menggunakan Bejana dari Emas dan Perak

Dari Umu Salamah Radhiyallahu ‘anha , ia berkata, Rasulullah bersabda,”Orang yang minum menggunakan wadah emas atau perak, sesungguhnya ia ibarat menelan api neraka ke dalam perutnya.”(Muttafaqqun ‘alaih)


 

source : gambar, artikel almanhaj

Adab Minum, Perhatikan Caramu Minum!
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *