Putus dengan Pacar untuk Mengejar Istri Sholihah?

0
289
views

Banyak kisah pemuda aktivis kerohanian Islam yang meninggalkan pacaran, bertaubat, lantas memperbaiki diri disebabkan keinginan mendapatkan wanita yang sholehah. Hal ini disebabkan pahamnya mereka tentang nikmatnya memiliki pasangan dari kalangan wanita yang baik akalnya, juga akhlaknya. Mereka mengejar janji Allah akan salah satu firmanNya.

“Vile women are for vile men, and vile men for vile women. Good women are for good men, and good men for good women; ….” (Q.S. An Nuur: 26, English Translation from quranexplorer.com )

Bukankah keumuman kasus adalah seseorang mendapatkan pasangan yang sekufu? Ketika kita memperbaiki diri, bukankah Allah akan siapkan orang baik untuk kita?

Tapi ada sedikit masalah apabila niat utamanya mengejar itu. Bermasalah, meskipun tujuan hijrahnya adalah menikahi wanita sholihah, yang mana ini halal, dan bukan memacari wanita sholihah (wanita sholihah juga bisa dipacari lho, karena setan sangat mudah menggelincirkan). Bermasalah ketika mereka menjaga diri dengan niat utama supaya Allah nantinya memberi mereka pasangan yang sholihah.

Bukankah Rasulullah menggunakan kalimat “menikahi wanita” dalam pembahasan niat?

“Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)

Kenapa masalah? Karena jika mereka beriman, bisa jadi Allah beri ujian dengan memberi pasangan yang buruk. Lantas, apakah mereka akan tetap beriman kepada Allah? Atau justru balik mengutukNya?

Maka perlu lah kita memeriksa kembali niatan kita “putus” dengan kekasih yang lalu. Apakah karena melaksanakan perintahNya untuk menjauhi zina, atau semata mengejar keindahan dunia diberi pasangan yang baik akal dan akhlaknya?

Note: Faedah kajian Ust Aris Munandar -hafizhahullah-

MY, Tim Penulis Majeedr -hafizhahullah-

♻️ Silakan disebarluaskan
═══ ¤❁✿❁¤ ═══
Follow us !
Facebook : https://facebook.com/majeelisdakwahremaja
LINE : http://line.me/ti/p/%40majeedr (@majeedr)
Instagram : https://instagram.com/majeedr1 (@majeedr1)
Telegram : t.me/majeedrofficial (@majeedrofficial)
Twitter : https://twitter.com/majeedrofficial
Website : www.majeedr.com
Majeedr TV : bit.ly/majeedr

Mau membantu dakwah dari rumah? yuk berdonasi buat program-program majeedr
Cek http://majeedr.com/donasi-kamera

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here